logo |

BERITA SUMATERA » Kepulauan Riau

Dana Landasan Pacu Bandara Letung Capai Rp.160 Miliar

 
Angling Wibisono   19 April 2013 jam 14:48
 
DIBACA : 124
 

Sumateraupdate.com -  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) kiranya sangat serius dalam 'mencurahkan' keringat dan pikiran guna mewujudkan terealisasi Bandara Letung yang ada di Kecamatan Jemaja, Anambas. Mengingat bandara tersebut sangat penting dan menjadi 'pintu depan' peningkatan berbagai sektor. Baik itu sektor perkonomian hingga pariwisata di Anambas.

"Sejak awal kita (pemkab,red) sangat serius dalam mempercepat proses pembangunan Bandara Jemaja. Bahkan hal itu telah menjadi skala prioritas kita," kata Abdul Haris, Wakil Bupati KKA Selasa(16/4/2013) sore, disela-sela rehat pasca bekerja di Kantor Bupati.

Untuk itu, jelasnya, Pemerintah Provinsi Kepri akan membantu Pemkab dalam proses pembangunannya melalui APBD Provinsi sebesar Rp3 Miliar di tahun 2013, disamping itu ada juga bantuan dari Pusat yang disalurkan melalui APBN.

"Selain dana dari Pemprov Kepri dan Pusat, kita juga mengucurkan dana yang bersumber dari APBD kita sendiri guna mempercepat proses pembangunan tersebut," jelasnya.

Dari data yang dihimpun Tribun, Ketiga pemerintahan ini secara bahu membahu melakukan pembangunan Bandara secara bertahap dan disesuaikan dengan tugasnya masing-masing. Seperti Pemkab Anambas mendapatkan jatah untuk membangun terminalnya hingga apron, sedangkan dari provinsi kepri mendapatkan bagian untuk membangun ruang tunggu penumpang dan membuka serta membuat jalan tembus dari dan menuju Bandara Letung.

"Sedangkan untuk landasan pacunya, pemerintah pusat yang mengambil alih dan mengerjakannya. Mengingat untuk membangun sebuah landasan pacu menjadi sangat penting dan dana yang dikucurkan untuk itu sangat besar sekali. Bahkan tidak sanggup jika dibebankan dari APBD Anambas sendiri, namun untuk yang kecil-kecil masih sangguplah," terang Abdul Haris dengan mimik serius.

Ketika disinggung menganai dana yang dibutuhkan unruk membuat landasan pacunya saja, Wabup mengatakan untuk itu saja dibutuhkan dana sebesar Rp. 130 Miliar hingga Rp. 160 Miliar. "Dana segitu bukan dana yang sedikit, makanya saya lihat Pemerintah pusat sangat serius dalam membantu kita. Selain dana, Pusat juga telah memberikan ijin untuk pembangunan bandara," katanya.

Ditempat terpisah, Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin mengungkapkan, sambil menunggu terealisasinya bandara letung. Pemerintah Kabupaten berusaha untuk untuk membuat apron komersial di samping Lanudal di bandara Palmatak, dan terpisah dari bandara matak yang saat ini di miliki oleh perusahaan migas.

Hal ini sengaja di lakukan guna memberikan kesempatan kepada maskapai lain untuk bisa melayani trayek Anambas, bisa melakukan penambahan jadwal hingga parkir pesawat yang sangat ideal.

"Dengan adanya pembuatan apron komersil ini, semua kebutuhan penumpang bisa kita lakukan sendiri dan tidak mengganggu aktifitas bandara matak," jelasnya.

 

   

TERKAIT

Ditemukan Benda Mencurigakan, Pengunjung Bandara Panik
Anang: Dana APBN Rp21 Triliun ke Lampung Harus Transparan
Marak, Dugaan Penyelewengan Dana BOS di Langkat
Lampung Capai Rp 276 Miliar Dana Abadi PNPM
 

Pedoman Dewan Pers

Sumatera Update diterbitkan oleh Trans Sumatera Communication
© 2012 www.sumateraupdate.com All rights reserved.


Alamat Kantor Trans-Com :
Jl. Teluk Ratai Nomor 82, Pasar Minggu - Jakarta Selatan
Telp: (+6221) 7883-8823